Rabu, 29 Desember 2010

RENCANA PEMASARAN

RENCANA-RENCANA PEMASARAN

DEFINISI PERENCANAAN

Perencanaan adalah proses menentukan bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuannya melalui serangkaian aktivitas yang ditujukan pada proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu

DEFINISI RENCANA PEMASARAN

Rencana pemasaran adalah bagaimana sebuah organisasi bisnis dapat mencapai tujuan pemasarannya melalui sistem pemasaran yang dibentuk oleh komponen eksternal, internal, umpan balik dan wirausahawan (pelaku bisnis)

ANALISA LINGKUNGAN

Lingkungan Eksternal

Lingkungan yang tidak dapat dikendalikan oleh wirausahawan yang meliputi faktor :

Kondisi perekonomian negara dan didunia, kebudayaan, teknologi, permintaan produk, permasalahan hukum, persaingan bisnis, pasokan bahan baku dan lain-lain

Lingkungan Internal

Lingkungan yang dapat dikendalikan oleh wirausahawan yang meliputi faktor :

Sumber daya keuangan, manajemen, pemasok/supplier, serta sasaran dan tujuan organisasi

BAURAN PEMASARAN

Interaksi dari keempat variabel utama dalam sistem pemasaran, yaitu : produk dan jasa, Penetapan harga, saluran distribusi dan aktivitas promosi

* Produk / jasa

Unsur ini berisikan gambaran yang sepenuhnya menjelaskan tentang sifat usaha (nature of business) dari wirausahawan pada tahap awal saja atau yang menjadi usaha utamanya (core business)

*Penetapan harga

Unsur ini dapat menjadi cermin tentang citra produk / jasa yang berbeda sehingga kecil sekali peluangnya bagi wirausahawan untuk menetapkan harga yang sangat signifikan dengan para pesaingnya

*Saluran Distribusi

Variabel ini memberikan guna tempat (place utility) bagi para pelanggan yang membutuhkan produk/jasa yang dihasilkan sehingga diharapkan dapat dicapai titik kepuasan pelanggan

*Aktivitas promosi

variabel ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas usaha penjualan selain lewat saluran distribusi

BATASAN RENCANA PEMASARAN

Urgensi Rencana Pemasaran :

Kita telah berada dimana (where do we now)?

Kemana kita akan pergi (where do we go)?

Bagaimana cara mencapainya (how do we go)?

Masalah dan kendala dalam perencanaan pasar :

Kemampuan peramalan

Akses kepada sumber informasi

Waktu yang terbatas

Koordinasi proses perencanaan

Implementasi perencanaan pasar

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN RENCANA

Mendefinisikan situasi bisnis

Mendefinisikan segmen pasar (peluang dan ancaman)

Mendefinisikan kekuatan dan kelemahan

Penetapan tujuan dan pasar

Mendefinisikan strategi pemasaran dan usaha yang dilakukan

Perancangan tanggung jawab implementasi

Penganggaran strategi pemasaran

Monitor kemajuan usaha pemasaran

Perencanaan Kontingensi

Perencanaan yang baik harus dapat mempertimbangkan sebanyak mungkin alternatif dan memiliki fleksibilitas yang tinggi bila diperlukan penyesuaian-penyesuaian

Penyebab kegagalan dalam perencanaan :

Minimnya rencana nyata

Minimnya analisa situasi yang memadai

Tujuan dan sasaran yang tidak realistis

Kurangnya antisipasi terhadap pesaing dan pasokan

BERAKHIRNYA USAHA

KEPAILITAN

Suatu kondisi dimana sebuah institusi bisnis tidak mampu menutupi kewajiban jangka pendeknya

Alternatif penyelesaian kepailitan :

LIKUIDASI

REORGANISASI

RESCHEDULING

STRATEGI SELAMA REORGANISASI

Aktivitas-aktivitas positif yang dapat dilakukan wirausaha dalam masa reorganisasi :

Berinisiatif membuat rencana-rencana keuangan baru

Menjual rencana keuangan tersebut kepada kreditor yang dijamin

Berkomunikasi dengan baik kepada kelompok kreditor

Menghindari pengeluaran secara ketat

MEMPERTAHANKAN OPERASI USAHA

Faktor-faktor yang dapat menimbulkan resiko kegagalan bisnis, yaitu :

Optimisme berlebihan ketika bisnis sedang sukses

Tidak rajin membuat rencana-rencana pemasaran dengan tujuan yang jelas

Tidak membuat proyeksi arus kas dan selalu memupuk modal / kapitalisasi

Selalu terbelakang dalam persaingan pasar

Tidak dapat mengidentifikasikan hal-hal yang membuat perusahaan dalam

kondisi bahaya

TANDA-TANDA KEPAILITAN

Kelalaian manajemen keuangan sehingga tidak dapat menjelaskan tentang

pembelanjaan keuangan perusahaan

Pimpinan tidak bisa mendokumentasikan dan menjelaskan transaksi besar

Pelanggan diberi potongan harga tinggi untuk memperbaiki arus kas yang

buruk

Kontrak bisnis yang masuk dibawah jumlah standar untuk hasilkan kas

Bank meminta pelunasan hutang-hutangnya

Orang-orang kunci bisnis meninggalkan perusahaan

Kurangnya bahan mentah untuk menutupi pesanan

Pajak upah dan gaji tidak dibayarkan

Pemasok meminta pembayaran secara tunai

Keluhan pelanggan yang meningkat akan mutu produk/jasa yang dihasilkan

SUKSESI USAHA

Suatu usaha untuk melanjutkan aktivitas bisnis yang sudah dibangun agar tetap memiliki eksistensi dalam area bisnis

Bentuk-bentuk suksesi usaha :

Transfer kepada anggota keluarga

Transfer kepada anggota bukan keluarga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar